Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Seiring berakhirnya libur Lebaran, saatnya Sobat Troole kembali ke realitas, salah satunya adalah menunaikan kewajiban untuk bekerja. Mungkin Sobat Troole akan merasa cukup sulit untuk kembali ke rutinitas kerja, karena sudah terlalu terbiasa dengan pola hidup saat liburan yang cenderung santai.

Kehilangan motivasi bekerja setelah libur panjang memang wajar terjadi. Namun, jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Belum lagi kalau rasa malas sudah menguasai diri, bisa-bisa perjalanan ke kantor pada hari pertama akan terasa berat luar biasa.

Meskipun bisa menurunkan semangat kerja, berlibur dapat membantu Sobat Troole mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari beban kerja yang menumpuk. Sobat Troole hanya perlu melakukan beberapa hal yang dapat mengembalikan semangat bekerja. Berikut ini adalah 6 cara menumbuhkan semangat bekerja setelah libur Lebaran, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memotivasi Diri dengan Cara Mengingat Kembali Apa Goals atau Tujuanmu Bekerja

Untuk meningkatkan motivasi, Sobat Troole sebaiknya merenungkan kembali beberapa hal terkait pekerjaan, seperti:

– Kenapa Sobat Troole memerlukan pekerjaan ini?

– Apa yang Sobat Troole kejar dari pekerjaan ini?

– Apa yang akan Sobat Troole dapatkan dari pekerjaan ini?

– Jika Sobat Troole malas bekerja, apa konsekuensi terburuknya bagi pekerjaan ini?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi amunisi meningkatkan motivasi kerja.

2. Menjaga Stamina Agar Tetap Sehat dan Bugar

Kondisi tubuh yang kurang fit akan membuat Sobat Troole mudah lelah dan kesulitan melakukan pekerjaan. Maka dari itu, pastikan tubuh Sobat Troole dalam kondisi yang sehat ketika akan memulai bekerja.

Menjaga stamina agar tetap sehat dan bugar bisa membuat Sobat Troole kembali semangat ketika memulai pekerjaan. Cara yang paling umum adalah dengan mengatur pola makan dan tidur yang cukup. Makan sehari tiga kali dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Tidur minimal 7 jam dan tidak begadang. Usahakan untuk tidur sebelum pukul 10 malam dan terbangun pada pukul 5 subuh.

Selain itu, agar stamina tubuh tetap terjaga, Sobat Troole juga harus banyak minum air mineral. Usahakan minum air mineral sebanyak 8 gelas per hari. Agar kebutuhan hidrasi selalu terpenuhi, salah satu caranya adalah dengan membawa botol minum atau tumbler agar dapat dibawa ke mana-mana dan tidak lupa minum.

Apabila Sobat Troole sedang mencari tumbler custom untuk kebutuhan pribadi, organisasi, maupun perusahaan, langsung saja hubungi Customer Service Troole Merchandise Project

Troole Merchandise Project sudah berpengalaman dalam menangani pemesanan souvenir dan merchandise perusahaan, serta kelengkapan seminar kit untuk keperluan seminar dan berbagai event lainnya. Mulai dari pembuatan souvenir dan merchandise perusahaan yang umum, seperti tumbler custom, pulpen custom, notes custom, tote bag custom, topi custom, kalender custom, apparel, hingga souvenir dan merchandise perusahaan yang unik dan eksklusif seperti power bank custom, speaker bluetooth custom, travel adaptor custom, USB flashdisk custom, dan pulpen USB custom. Teman Troole bisa mengecek portofolio di website kami, atau mengikuti akun Instagram kami: @troole.id.

3. Atur Meja Kerja Senyaman Mungkin

Ciptakan suasana baru dengan mengatur meja kerja senyaman mungkin hingga membuat Sobat Troole betah duduk di sana dan melakukan pekerjaan. Sobat Troole bisa memajang foto pasangan, orang tersayang, atau foto orang tua di meja kerja agar lebih termotivasi. Sobat Troole juga bisa menempatkan tanaman hias kecil untuk menyegarkan suasana ruang kerja.

Yang paling penting, buat meja kerja serapi dan sebersih mungkin agar enak dilihat dan tidak membuat mood menjadi buruk.

4. Berteman dengan Orang-Orang yang Rajin dan Pekerja Keras

Lingkungan ataupun lingkaran pertemanan juga dapat berpengaruh pada produktivitas kerja di kantor. Kalau Sobat Troole berteman dengan orang-orang yang kurang rajin, maka Sobat Troole bisa saja terbawa pengaruh buruk tersebut. Meskipun pada dasarnya Sobat Troole adalah karyawan yang rajin dan pekerja keras, pengaruh yang buruk dari lingkungan ataupun teman-teman dekat di kantor akan terus membayangi Sobat Troole sampai akhirnya, tanpa sadar, Sobat Troole menjadi seperti mereka.

Untuk itu, Sobat Troole hendaknya memilih lingkungan dan menjalin pertemanan dengan orang-orang yang rajin dan pekerja keras. Pengaruh baik mereka akan menambah semangat dan motivasi Sobat Troole untuk bekerja lebih baik, produktif, dan terpacu untuk mencapai goals.

5. Membuat Target Kerja Secara Mandiri

Membuat target kerja secara mandiri adalah suatu hal yang penting untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Caranya adalah dengan menentukan tujuan jangka panjang, buat target jangka pendek, tetapkan batas waktu yang realistis, rencanakan tindakan yang harus dilakukan, dan mengevaluasi kemajuan secara berkala.

Setelah liburan yang panjang, penting untuk memiliki rencana dan jadwal yang jelas untuk membantu Sobat Troole kembali ke rutinitas kerja. Buatlah daftar tugas yang perlu dilakukan dan atur prioritasnya, kemudian buat jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

6. Memberi penghargaan pada diri sendiri

Memberi penghargaan untuk diri sendiri sangat penting, karena dapat memberikan dorongan motivasi yang besar dan memberikan perasaan positif terhadap diri sendiri. Selain itu, memberi penghargaan pada diri sendiri berfungsi untuk:

1. Memperkuat rasa percaya diri

2. Memotivasi diri untuk melakukan lebih baik

3. Meningkatkan kesehatan mental

4. Meningkatkan kinerja

5. Memberikan kebahagiaan dan kepuasan Dengan demikian, memberi penghargaan untuk diri sendiri sangat penting karena dapat memberikan banyak manfaat yang positif untuk kesehatan mental, motivasi, dan semangat kerja yang mungkin meredup akibat terlalu lama berlibur.

Jl. Sritunggal No. 08, Kel. Cigelereng,
InstagramFacebookTwitterTiktok

Copyright © 2021 Troole, Inc. All rights reserved.