Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal 3 minggu lagi saat artikel ini ditulis. Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa dan dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh sebagai bentuk ketaqwaan terhadap Allah SWT, dengan pahala yang berlipat ganda atas setiap ibadah yang kita laksanakan.

Agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik daripada Ramadhan tahun sebelumnya, Sobat Troole perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya persiapan secara fisik saja, melainkan juga persiapan secara mental dan spiritual.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Secara Umum

  1. Menyesuaikan Jadwal Tidur dan Bangun Tidur

Puasa di bulan Ramadhan melibatkan bangun lebih awal dan tidur lebih awal, penting untuk mulai menyesuaikan pola tidur dan bangun tidur beberapa minggu sebelum Ramadhan dimulai.

  1. Persiapan Secara Mental

Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga memperkuat iman dan menjaga kontrol diri. Persiapkan dirimu secara mental dengan membaca dan mempelajari ajaran-ajaran agama, berdoa dan bermeditasi.

  1. Memeriksa Jadwal Imsak dan Buka Puasa

Pastikan Sobat Troole mengetahui jadwal imsak dan buka puasa di wilayahmu. Dengan mengetahui jadwal tersebut, Sobat Troole dapat menyesuaikan jadwal makan dan minummu secara tepat.

  1. Persiapkan Menu Makanan

Buatlah daftar makanan yang akan Sobat Troole masak selama Ramadhan. Pastikan untuk memasukkan makanan yang seimbang dan bernutrisi sehingga Sobat Troole tetap sehat selama berpuasa.

  1. Persiapkan Persediaan Makanan dan Minuman

Persiapkan persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk sepanjang bulan Ramadhan, termasuk juga buah-buahan dan sayuran segar.

  1. Bersedekah

Ramadhan adalah waktu yang baik untuk bersedekah. Persiapkan dirimu dengan membuat daftar orang-orang yang membutuhkan bantuanmu dan cari tahu cara terbaik untuk membantu mereka.

  1. Bersihkan Rumahmu

Ramadhan juga adalah waktu yang baik untuk membersihkan rumahmu secara menyeluruh. Ini dapat membantu Sobat Troole merasa lebih tenang dan bersih selama bulan suci ini.

  1. Siapkan Agenda Ibadah

Buat jadwal ibadah harian yang mencakup sholat tarawih, qiyamul lail dan membaca Al-Qur’an. Dengan begitu Sobat Troole bisa menyesuaikan jadwal aktivitas Sobat Troole dan tetap bisa beribadah dengan khusyuk.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Secara Khusus 

  1. Menyambut Ramadhan dengan Banyak Berdoa

Meskipun banyak aktivitas yang mendatangkan pahala yang berlipat ganda, bulan Ramadhan juga dipenuhi tantangan dan ujian untuk menahan diri dari segala perbuatan yang dapat merusak pahala berpuasa. Untuk itu, perbanyak doa dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Ada beberapa doa menyambut Ramadhan. Salah satunya adalah:

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah (amal-amal) ku (di bulan) Ramadhan.”

  1. Memastikan Sudah Mengqadha Puasa 

Seperti hadist yang diriwayatkan ‘Aisyah RA, yang artinya, “Kami (perempuan-perempuan muslim) dahulu mengalami haid. Kemudian diperintahkan bagi kami untuk mengganti puasa, dan tidak mengganti sholat.” (HR. Muslim)

Dari hadist di atas, maka sudah jelas bahwa mengganti puasa hukumnya wajib. Apabila tidak dikerjakan akan membuat seseorang menanggung dosa. Jadi, pastikan Sobat Troole sudah membayar utang puasa di tahun sebelumnya, sebelum memasuki bulan puasa tahun ini.

  1. Mempersiapkan Paket untuk Berbagi 

Sobat Troole pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berbagi dan bersedekah selama bulan Ramadhan. Apalagi berbagi di bulan penuh berkah itu pahalanya dilipatgandakan, sehingga menambah semangat untuk terus berbagi. 

“Sesungguhnya Allah SWT merupakn sang Maha Memberi, Dia mencintai sifat kedermawanan beserta sifat yang mulia, dan membenci sifat yang tercela.” (HR. Al-Baihaqi, atas shahih Al Albani pada Shahihul Jmi”, 1774).

Selain berinfaq dalam bentuk uang, Sobat Troole juga dapat bersedekah dalam bentuk barang dan bahan makanan, seperti paket sembako atau hampers.

Apabila Sobat Troole berencana untuk memberikan hampers kepada sanak saudara, sahabat, klien, kolega, customer, ataupun orang-orang yang membutuhkan, Troole Merchandise Project menyediakan beberapa paket hampers yang dapat Sobat Troole pilih.

Ada paket Hanania, Abbasy, Tuhfah, Calandra, Abda, dan Jauharah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pilihan paket hampers lebaran paling berkesan by Troole Merchandise Project.

Selain dari paket hampers lebaran yang tersedia, Sobat Troole juga dapat mengajukan paket hampers lebaran secara custom atau sesuai keinginan dan kebutuhan Sobat Troole. Silakan konsultasikan kebutuhan hampers lebaran dengan customer service kami disini Paket Hampers

  1. Membersihkan Hati dari Perasaan-Perasaan Negatif 

Agama menganjurkan kita untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini dengan hati yang bersih. Sebelum berpuasa, sebisa mungin bersihkan hari dari berbagai rasa dendam, iri, dan hasad kepada sesama manusia, terlebih kepada saudara sesama muslim. Sifat tersebut dapat memakan kebaikan, seperti hadist yang diriwayatkan Abu Dawud.

“Jauhi sifat hasad atau dengki, sebab sifat hasad bisa memakan setiap kebaikan sama halnya api menghabiskan kayu bakar” (HR Abu Dawud)

Menjalani puasa dengan hati bersih akan membuat ibadah menjadi lebih tenang.

  1. Mempelajari Ilmu Agama

Mempelajari ilmu agama hukumnya wajib, agar ibadah yang kita jalankan berada di jalur yang benar, sesuai kaidah dan rukun yang sudah ditetapkan, dan tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Sebelum melakukan ibadah apa pun, Sobat Troole harus tahu terlebih dahulu mengenai dasarnya, perintah menjalankan ibadah tersebut. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori berikut ini.

“Milikilah ilmu sebelum kamu berbicara, beramal, dan melakukan aktivitas.” (HR. Bukhori).

  1. Menyiapkan Rencana Beribadah Yang Matang

Agar bulan Ramadan tahun ini bisa dijalani dengan lebih baik daripada bulan Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya, kita perlu mempersiapkan rencana ibadah yang matang. Supaya tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. 

Salah satu ibadah yang banyak dianjurkan saat menjelang Ramadhan dan di bulan penuh berkah adalah tilawah.

“Baca Al-Qur’an, sebab sesungguhnya pada Al-Qur’an terdapat syafaat untuk orang yang membacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim).

  1. Mempersiapkan Fisik

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kondisi fisik dan kesetahatan Sobat Troole. Lakukan secara teratur agar saat memasuki bulan Ramadan, Sobat Troole berada dalam kondisi baik dan sehat.

“Terdapat dua kenikmatan yang sering terlupakan, kesehatan dan waktu luang.” (HR Bukhori)

Dengan tingkat kesehatan fisik yang baik, diharapkan menjalankan ibadah selama 30 hari lamanya dengan lancar. Tidak terganggu dengan sakit yang membuatnya tidak sempurna sehingga harus menggantinya di kemudian hari. 

  1. Bertaubat Kepada Allah

Memohon ampun atas segala perbuatan dosa merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan bertaubat, indikator keimanan seseorang bisa dibilang meningkat. Dan dengan bertaubat, diharapkan segala dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT. 

“Apabila kamu telah melakukan dosa bahkan hingga dosa tersebut telah sampai ke matahari, namun kemudian kamu bertaubat, maka Allah SWT tetap akan mengampuni dosa-dosamu.” (Ibnu Majah).

Taubat yang dimaksud hadist tersebut adalah taubatan nasuha, atau taubat dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Jl. Sritunggal No. 08, Kel. Cigelereng,
InstagramFacebookTwitterTiktok

Copyright © 2021 Troole, Inc. All rights reserved.