Membangun Mental Juara untuk Pengembangan Diri

Membangun Mental Juara untuk Pengembangan Diri

Belum lama ini sempat viral di media sosial, ada seorang siswa SD dari Kupang, NTT, yang menjuarai Olimpiade Matematika dan Sempoa Internasional. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia dan perlu disebarluaskan di media sosial.

Nono si Anak Genius dari NTT

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau yang biasa dipanggil Nono, adalah siswa kelas 2 SD Negeri Inpres Buraen 2 di kabupaten Kupang, NTT. Ia mengikuti Olimpiade Matematika dan Sempoa Internasional Abacus World Competition 2022 yang diselenggarakan Abacus Brain Gym (ABG). Kompetisi tersebut dilakukan secara daring, pada periode Januari – Desember 2022.

Baca Juga: 5 Alasan Notes Wajib Masuk List Souvenir Perusahaan Sobat Troole!

Dari akumulasi nilai, Nono meraih juara 1, mengalahkan 7000 peserta dari seluruh dunia. Ia berhasil menjawab 15.201 file yang diujikan, di mana tiap file berisi 10 soal. Atas prestasinya tersebut, Nono mendapat apresiasi dari Viktor Bungtilu (Gubernur NTT), dan Korinus Masneno (Bupati Kupang). Ia pun mendapat tawaran beasiswa dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Definisi Juara

Menurut KBBI V, ada 5 arti dari kata “Juara”:

1. Orang atau regu yang mendapat kemenangan dalam pertandingan atau perlombaan

2. Orang yang gagah berani, pandai bersilat, pendekar, jagoan

3. Pengatur dan pelerai dalam persabungan ayam

4. Pemimpin peralatan (pesta dan sebagainya)

5. Ahli, terpandai dalam sesuatu (pelajaran dan sebagainya)

Dalam kehidupan, “Juara” berarti orang-orang yang berhasil mengalahkan lawan sesuai perjuangannya. Wujud dari lawan tersebut di antaranya adalah kemalasan dan ketertinggalan, terutama di bidang pekerjaan atau kehidupan kita masing-masing.

Membangun Mental Juara Sejak Dini

Orangtua mana yang tidak ingin anaknya jadi sehebat dan segenius Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay alias Nono? Pasti semua orangtua menginginkan dan mengusahakan yang terbaik untuk putra-putri mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun mental juara sejak dini pada anak.

Membangun mental juara berarti melatih anak supaya menjadi pribadi yang lebih tangguh, siap menghadapi tantangan, menjadi anak yang mandiri, percaya diri, tidak cepat putus asa, serta menjadi sosok pribadi yang terbiasa untuk memecahkan masalah.

Bermental juara tidak selalu merujuk pada seseorang yang memenangkan kompetisi tertentu atau sebuah ambisi untuk selalu menjadi juara di sekolah. Seseorang bisa dikatakan juara saat dia berhasil melakukan apa yang seharusnya dia lakukan, termasuk tetap bersikap menang meskipun ia dalam keadaan kalah.

10 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembangunan Mental Juara

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembangunan mental juara pada anak ataupun pada diri kita sendiri, di antaranya:

1. Tidak menyalahkan apabila mengalami kegagalan

2. Tidak memberikan pujian yang berlebihan saat mengalami keberhasilan

3. Pujian dan evaluasi hendaknya dilakukan secara proporsional

4. Menghargai proses

5. Piala bukanlah tolok ukur keberhasilan

6. Kepercayaan diri membentuk mental juara

7. Menerima kekalahan

8. Lingkungan berpengaruh dalam pembangunan mental juara

9. Bersabar, karena menjadi juara tidaklah instan

10. Tetap produktif, kreatif, dan aktif berkomunikasi

Langkah Sederhana untuk Membangun Mental Juara

Membangun mental juara kedengarannya memang berat. Namun, semua pekerjaan akan terasa berat jika hanya dipikirkan tanpa direalisasikan. Untuk itu, lakukan langkah sederhana untuk membangun mental juara, seperti menulis jurnal dan perencanaan, ataupun mencatat hal-hal penting lainnya. Salah satu manfaat menulis adalah untuk memetakan pikiran, rencana, dan memudahkan kita dalam mencapai tujuan. Dalam hal ini, tujuan kita adalah membangun mental juara.

Untuk menulis jurnal dan perencanaan tidak perlu media yang rumit dan sulit. Cukup siapkan ponsel, laptop, atau buku catatan alias notebook. Apalagi kalau notebook custom seperti agenda yang di dalamnya sudah ada kalender, kolom atau tabel-tabel perencanaan dan penjadwalan, di mana kita tinggal mengisinya saja sesuai keinginan dan kebuthan.

Troole Merchandise Project menyediakan layanan pembuatan custom notebook dan buku agenda dengan berbagai ukuran, model, dan material, sesuai keinginan dan kebutuhan Sobat Troole. Selain notebook custom dan buku agenda, Troole Merchandise Project pun melayani pembuatan souvenir perusahaan lainnya, seperti aneka tas (tote bag, clutch, pouch, sling bag, messenger bag, tas laptop, waist bag, dompet, dan sebagainya), seminar kit, bolpoin, lanyard untuk ID card, mug, cangkir, tumbler, plakat, apparel, hingga souvenir gadget seperti bluetooth speaker, USB flash disk, jam digital, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan

Juara adalah orang yang bisa mengalahkan diri sendiri, alih-alih orang lain. Orang yang berhasil mengalahkan rasa malas, pikiran negatif, serta perilaku negatif lainnya yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan diri.

Jl. Sritunggal No. 08, Kel. Cigelereng,
InstagramFacebookTwitterTiktok

Copyright © 2021 Troole, Inc. All rights reserved.