Keistimewaan-Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan-Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Ibadah di bulan Ramadhan pun memiliki keistimewaan tersendiri. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa itu adalah perisai (pelindung) dari neraka, seperti salah satu dari kamu yang membentuk barisan perisai di medan perang”. Nilai pahala dari ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan pun akan dilipatgandakan beberapa kali lipat.

Baca Juga : Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Berikut ini adalah keistimewaan-keistimewaan bulan Ramadhan.

Waktu untuk introspeksi dan refleksi diri

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk merenung dan memikirkan kembali kehidupan kita, serta berusaha untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

Pada bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga maghrib, menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang dilarang selama puasa. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bulan penuh berkah

Menurut ajaran Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah. Di dalamnya terdapat malam Lailatul Qadr, yang merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut, Allah SWT menurunkan berbagai macam keberkahan dan ampunan. Pahala yang diberikan atas ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan pun berlipat-lipat ganda banyaknya dibanding dengan ibadah pada hari-hari biasa di luar Ramadhan.

Kesempatan untuk berbuat kebaikan dan berbagi dengan sesama

Umat Islam dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan membantu sesama, terutama di bulan Ramadhan. Seperti, memberi makan orang yang berpuasa, memberikan sedekah, dan lain sebagainya. Hal ini dapat membantu memperkuat persaudaraan dan solidaritas antara sesama umat Muslim.

Di bulan Ramadhan juga, kita bisa merasakan nikmatnya berbagi dengan sesama atau memberi kepada orang yang membutuhkan. Dengan meningkatkan kesadaran diri untuk berbagi dan memberi, umat Islam bisa lebih menghargai nikmat yang diberikan oleh Allah SWT serta memahami pentingnya bersyukur dan berbuat baik kepada sesama.

Berbagi pada sesama dapat dilakukan dengan memberikan infak, sedekah, zakat, dan memberi makanan serta minuman kepada orang lain untuk berbuka puasa. Selain itu, momen berbagi yang terasa identik dengan bulan Ramadhan adalah berbagi hampers Lebaran.

Apabila Sobat Troole berencana untuk memberikan hampers kepada sanak saudara, sahabat, klien, kolega, customer, ataupun orang-orang yang membutuhkan, Troole Merchandise Project menyediakan beberapa paket hampers yang dapat Sobat Troole pilih.

Ada paket Hanania, Abbasy, Tuhfah, Calandra, Abda, dan Jauharah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pilihan paket hampers lebaran paling berkesan by Troole Merchandise Project.

Selain dari paket hampers lebaran yang tersedia, Sobat Troole juga dapat mengajukan paket hampers lebaran secara custom atau sesuai keinginan dan kebutuhan Sobat Troole. Silakan konsultasikan kebutuhan hampers lebaran dengan customer service kami di link ini Paket Hampers

Waktu yang tepat untuk menghindari hal-hal yang merusak moralitas

Hakikat dari ibadah puasa adalah menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu. Jika berhasil, hal tersebut dapat menghindarkan kita dari hal-hal yang merusak moralitas dan akhlak, seperti ghibah, berbohong, dan perilaku buruk lainnya.

Momen untuk memperkuat silaturahmi dengan sesama

Setidaknya, kita bisa punya alasan untuk bertemu teman lama yang sebelumnya sulit ditemui, seperti teman semasa sekolah atau kuliah dulu, dalam momen bukber atau buka puasa bersama. Selain teman, buka puasa bersama juga biasa kita lakukan bersama keluarga, kerabat, kolega, bahkan klien.

Jl. Sritunggal No. 08, Kel. Cigelereng,
InstagramFacebookTwitterTiktok

Copyright © 2021 Troole, Inc. All rights reserved.