Serupa tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Workshop dan Seminar

Serupa tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Workshop dan Seminar

Apa Itu Workshop?

Sobat Troole tidak akan menemukan kata “Workshop” di dalam KBBI. Kata tersebut diserap menjadi “Lokakarya”. Jadi, menurut KBBI V, workshop atau lokakarya adalah pertemuan antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya. Padanan kata lainnya untuk menyebut workshop ini adalah “Sanggar Kerja”.

Baca juga: Rekomendasi Hotel untuk Event dan Seminar Berkapasitas Besar di Bandung

Menurut Oxford Dictionary, workshop adalah pertemuan sekelompok orang di mana mereka akan terlibat diskusi dan aktivitas tentang suatu proyek. Sedangkan, dilansir dari laman Collins Dictionary, workshop artinya periode diskusi atau kerja praktik tentang suatu topik di mana sekelompok orang tersebut berbagi pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki.

Workshop dapat dilakukan selama kurang lebih minimal 2 hingga 3 hari, sesuai dengan materi yang sedang disampaikan, dan biasanya dilakukan kurang lebih selama 5 hingga 9 jam dalam sehari. Durasi ini disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya materi yang disampaikan.

Peserta workshop biasanya adalah orang yang sudah dalam tahap kesiapan dan keseriusan untuk mendalami bidang dan materi yang disampaikan. Karena, di dalam workshop tidak hanya berisi pemaparan materi, tetapi juga praktik untuk memecahkan masalah atau mencari solusi atas permasalahan yang dibahas dalam workshop tersebut.

Apa Itu Seminar?

Menurut KBBI V, seminar berarti pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dsb).

Berbeda dengan Workshop, Seminar merupakan sebuah acara yang fokus menyampaikan pembelajaran dan materi kepada para peserta. Karena tujuan seminar supaya orang yang belum tahu menjadi tahu. Materi dalam seminar umunya lebih ringan dan mudah dipahami. Durasinya pun lebih singkat daripada workshop.

Perbedaan Workshop dan Seminar

1. Tujuan

Tujuan diadakannya workshop adalah untuk memecahkan masalah dan mencari solusi atas masalah yang diangkat, melibatkan partisipasi peserta untuk mencari solusi bersama. Sedangkan, seminar bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada peserta secara umum, bukan untuk memecahkan masalah ataupaun mencari solusi.

2. Durasi

Workshop biasanya berdurasi 1 – 3 hari dengan waktu 5 – 9 jam sehari. Sedangkan, durasi seminar kurang-lebih hanya 1 – 3 jam, dan tidak dilakukan berhari-hari.

3. Peserta

Peserta workshop biasanya orang-orang yang mempunyai latar belakang sama dengan tema workshop. Peserta pun aktif berdiskusi, melakukan tanya-jawab dengan pemateri. Sedangkan, peserta seminar biasanya orang umum atau orang awam, dan tidak perlu terjadi interaksi.

Jumlah peserta workshop lebih sedikit daripada seminar. Tujuannya agar diskusi dan praktik dalam workshop bisa berjalan lebih efektif. 

Manfaat Mengikuti Workshop dan Seminar

Manfaat mengikuti workshop dan seminar bergantung pada tingkat keterlibatan, ketertarikan, dan komitmen peserta dalam mengikuti acara tersebut. Workshop dan seminar memiliki beberapa manfaat yang berbeda, tergantung pada tujuan dan konteksnya. Namun, secara umum, manfaat yang bisa Sobat Troole dapatkan dari mengikuti kegiatan workshop dan seminar antara lain sebagai berikut:

1. Pembelajaran dan Peningkatan Pengetahuan

Workshop dan seminar memberikan kesempatan untuk belajar tentang topik atau keterampilan baru. Para pemateri yang ahli dalam bidangnya memberikan wawasan, informasi terbaru, dan pengetahuan praktis kepada peserta. Hal ini membantu peserta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang subjek yang dibahas.

2. Pengembangan Keterampilan

Workshop dan seminar sering kali berfokus pada pengembangan keterampilan praktis. Peserta memiliki kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan baru melalui diskusi, latihan, atau studi kasus. Hal ini membantu peserta mengasah keterampilan mereka dalam bidang tertentu dan meningkatkan kemampuan mereka untuk menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata.

3. Memperluas Jaringan dan Koneksi

Workshop dan seminar merupakan tempat yang baik untuk membangun jaringan dan koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan yang serupa. Peserta dapat berinteraksi dengan rekan sejawat, pemateri, atau ahli industri lainnya. Jaringan ini dapat membawa manfaat jangka panjang, seperti peluang kerja, kolaborasi proyek, atau pertukaran informasi.

4. Motivasi dan Inspirasi

Workshop dan seminar seringkali memiliki suasana yang inspiratif dan memotivasi. Peserta mendengarkan cerita sukses, pengalaman pribadi, dan wawasan dari pemateri yang berhasil dalam bidang mereka. Hal ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi peserta untuk mencapai tujuan mereka sendiri.

5. Pemecahan Masalah dan Kolaborasi

Workshop dan seminar sering kali melibatkan diskusi kelompok, sesi tanya jawab, atau latihan interaktif. Hal ini memungkinkan peserta untuk berpartisipasi dalam pemecahan masalah nyata, berbagi pengalaman, dan belajar dari perspektif orang lain. Kolaborasi semacam ini dapat menghasilkan ide-ide baru, solusi kreatif, dan wawasan yang berharga.

6. Update Profesional

Workshop dan seminar sering kali berfokus pada tren terbaru, perkembangan industri, atau pengetahuan spesifik dalam suatu bidang. Menghadiri acara-acara semacam itu membantu peserta tetap up to date dengan perkembangan terkini di industri mereka. Hal ini penting untuk mempertahankan daya saing dan relevansi dalam lingkungan kerja yang cepat berubah.

7. Sertifikat dan Pengakuan

Beberapa workshop dan seminar menyediakan sertifikat atau pengakuan bagi peserta yang berhasil menyelesaikan program. Sertifikat ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri peserta serta membantu mereka dalam pencapaian karir atau pengembangan profesional.

Jl. Sritunggal No. 08, Kel. Cigelereng,

Copyright © 2021 Troole, Inc. All rights reserved.