Fakta Menarik Tentang Kalender yang Perlu Sobat Troole Tau

Fakta Menarik Tentang Kalender yang Perlu Sobat Troole Tau

Setiap negara memiliki kebudayaannya masing-masing, yang akan mempengaruhi perhitungan dan penetapan kalender yang digunakannya. Di Indonesia sendiri terdapat 6 jenis kalender yang berbeda. Ada kalender Masehi yang menjadi kalender nasional atau umum, kalender Hijriyah untuk menentukan hari besar umat Islam, kalender Sunda, kalender Saka, kalender Jawa, dan kalender Saka Bali.

Baca Juga: Manfaat Souvenir Seminar untuk Promosi Perusahaan

Sejarah Singkat dan Dasar Perhitungan Kalender Masehi

Kalender Masehi pertama kali dibuat oleh kaisar Romawi bernama Julius Caesar pada tahun ke-45 sebelum Masehi. Kalender Julian tersebut kemudian mengalami perbaikan sesuai kebijakan Paus Gregorius XIII, yang dikenal dengan Kalender Gregorian, pada tahun 1582 Masehi. Untuk penyeragaman sistem kalender di seluruh dunia, PBB menetapkan Kalender Gregorian sebagai kalender yang diakui dan disepakati di hampir semua negara, termasuk Indonesia.

Kalender Masehi disebut juga Kalender Syamsiah atau Kalender Solar. Perhitungannya berdasarkan pada revolusi bumi terhadap matahari, yaitu 365 ¼ hari (365 hari, 5 jam, 48 menit, 45.181 detik). Kelebihan ¼ harinya dikumpulkan menjadi 1 hari oleh Julius Caesar, dan ditambahkan pada bulan Februari setiap 4 tahun sekali. Itulah kenapa bulan Februari berjumlah 29 hari setiap 4 tahun sekali (Tahun kabisat yang berjumlah 366 hari).

Sejarah Penamaan Bulan dalam Kalender Masehi

1.       Januari atau January diambil dari nama Dewa Janus, dewa bangsa Romawi Kuno yang dianggap sebagai dewa gerbang akan sesuatu yang baru. Kata January sudah digunakan sejak tahun 46 Sebelum Masehi.

2.       Februari atau February adalah satu-satunya bulan yang memiliki hari kabisat dan sudah ada dalam kalender Romawi pada 713 Sebelum Masehi. Nama ini diambil dari kata Februarius (Februum) yang artinya penyucian.

3.       Bulan Maret atau March terinspirasi dari Dewa Mars, yakni dewa perang dalam mitologi Romawi Kuno. Nama tersebut sudah digunakan sejak era Romulus pada tahun 750 Sebelum Masehi.

4.       April juga diambil dari bahasa Romawi, yaitu Aprilis, yang berarti bulan kedua dalam tahun Romawi. Dulu, kalender Romawi sebelum era Julius Caesar hanya memiliki 10 bulan.

5.       Mei atau May juga terinspirasi dari nama Dewa Romawi, yakni Maia alias dewa penyubur dan pengawas pertumbuhan tanaman di bumi. Dalam bahasa Latin diartikan sebagai Maiores yang artinya tetua (merujuk pada dewa).

6.       Bulan Juni atau June terinspirasi dari kata Juno, nama yang diberikan kepada dewi bangsa Romawi yang dianggap genius dan kuat.

7.       Bulan Juli atau July bukan diambil dari nama dewa, melainkan dari nama tokoh besar Romawi, yakni Julius Caesar.

8.       Penamaan bulan Agustus atau August digunakan untuk menghormati Kaisar Romawi Augustus dan digunakan sejak tahun 60 Sebelum Masehi.

9.       September diambil dari bahasa Latin, yaitu Septem, yang artinya ketujuh. Hal ini merujuk pada kalender Romawi Kuno sebelum era Julius Caesar (60-50 SM), di mana September masih dijadikan bulan ketujuh dalam kalender mereka.

10.   Oktober juga berasal dari kata Latin Octo yang berarti delapan. Sebelum Gregorian resmi dijadikan penanggalan dunia, bulan Oktober berada pada tangga ke-8 dalam kalender bangsa Romawi Kuno.

11.   Dalam bahasa Latin, November berarti Novem atau sembilan. Penanggalan Romawi Kuno (65 SM) menempatkan bulan November pada urutan ke-9. Lalu, pada zaman Gregorian, November diubah menjadi bulan ke-11.

12.   Desember juga berasal dari kata Latin Decem yang artinya sepuluh. Dalam kalender Romawi Kuno sebelum era Julius Caesar, Desember masih dijadikan bulan ke-10. Di bulan Desember inilah Romawi juga merayakan Saturnalia sebagai penghormatan terhadap dewa dewi mereka

Sejarah Singkat dan Dasar Perhitungan Kalender Hijriah

Kalender Hijriah disebut juga Kalender Qamariah atau Kalender Lunar. Kalender Hijriah atau Kalender Islam merupakan penentuan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah dan hari-hari penting lain bagi umat Islam.

Pada tahun 634 Masehi atau 17 Hijriah, Khalifah Umar bin Khatab menetapkan tahun pertama kalender Islam dihitung sejak hijrahnya Rasulullah Sollallohu Alaihi Wasallam dari Mekah ke Madinah pada 622 Masehi.

Sebuah hari atau tanggal dalam kalender Hijriah dimulai pada saat matahari terbenam di tempat tersebut. Penentuan awal bulan ditandai dengan munculnya penampakan bulan sabit pertama kali (hilal) setelah bulan baru (Ijtimak). Pada fase ini, bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya matahari, sehingga posisi hilal berada di ufuk barat.

Jika hilal tidak terlihat pada hari ke-29, maka jumlah hari pada bulan tersebut dibulatkan menjadi 30. Tidak ada aturan khusus bulan mana saja yang memiliki 29 atau 30 hari. Semuanya tergantung pada penampakan hilal.

Karena adanya perbedaan sistem penanggalan, kalender Hijriah memiliki selisih 11-12 hari lebih sedikit daripada kalender Masehi.

Manfaat Kalender Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Apa jadinya jika tidak ada kalender di dunia? Bagaimana cara kita mengetahui dan mengukur waktu yang berlalu? Bagaimana cara kita menentukan hari dan tanggal penting untuk diperingati? Rasanya akan sangat sulit jika kita hidup tanpa kalender.

Berikut ini beberapa manfaat kalender yang paling signifikan bagi kehidupan kita:

1.       Sebagai pengingat

Dengan adanya penanggalan di kalender, kita bisa memberikan tanda dan pengingat untuk momen-momen penting, seperti hari ulang tahun, deadline pekerjaan, jadwal meeting dengan klien, atau bahkan menghitung siklus menstruasi.

2.       Pengatur jadwal

Saat sekolah atau kuliah, kita pasti dihadapkan dengan jadwal, baik itu jadwal pelajaran atau mata kuliah, maupun jadwal piket dan sebagainya. Selain itu, ketika kita sedang mengikuti program tertentu, misalnya program diet, tentu kita perlu kalender untuk mengatur jadwal aktivitas olahraga dan jadwal mengonsumsi makanan serta minuman untuk menunjang program tersebut.

3.       Menetapkan target

Kita memerlukan kalender untuk menandai dan menetapkan target pribadi ataupun perusahaan. Dengan begitu, segala aktivitas dan langkah yang kita ambil untuk mencapai goals tersebut bisa tetap terpantau untuk dilakukan pelaporan dan evaluasi.

Kalender Sebagai Souvenir dan Media Promosi Perusahaan

Kalender merupakan salah satu benda yang sangat tepat dan efektif untuk dijadikan souvenir atau merchandise perusahaan yang sekaligus bisa dijadikan media dan alat promosi perusahaan atau bisnis yang Teman Troole jalankan.

Kalender custom berisi informasi tentang perusahaan atau bisnis yang dijalankan Teman Troole akan meningkatkan awareness bagi orang-orang yang melihatnya, serta mengangkat citra baik perusahaan.  Selain itu, kalender custom yang dijadikan souvenir atau merchandise perusahaan juga memiliki beberapa keunggulan lain, di antaranya sebagai berikut:

1.       Sebagai media promosi jangka panjang, minimal dalam rentang waktu satu tahun

2.       Cocok untuk semua bisnis dan usaha

3.       Biaya produksi lebih terjangkau

4.       Merupakan souvenir atau merchandise perusahaan yang sangat bermanfaat

5.       Banyak jenisnya dan bisa dicustom

6.       Perusahaan dan bisnismu akan selalu diingat

7.       Merupakan souvenir atau merchandise perusahaan yang unik dan menarik

8.       Bisa menyasar ke berbagai segmen

Cetak Kalender Custom Perusahaan di Troole Merchandise Project Bandung

Troole Merchandise Project sudah berpengalaman dalam menangani pemesanan souvenir dan merchandise perusahaan, serta kelengkapan seminar kit untuk keperluan seminar dan berbagai event lainnya.

Mulai dari pembuatan souvenir dan merchandise perusahaan yang umum, seperti tumbler custom, pulpen custom, notes custom, tote bag custom, topi custom, kalender custom, apparel, hingga souvenir dan merchandise perusahaan yang unik dan eksklusif seperti power bank custom, speaker bluetooth custom, travel adaptor custom, USB flashdisk custom, dan pulpen USB custom. Teman Troole bisa mengecek portofolio di website kami, atau mengikuti akun Instagram kami: @troole.id.

Jl. Sritunggal No. 08, Kel. Cigelereng,
InstagramFacebookTwitterTiktok

Copyright © 2021 Troole, Inc. All rights reserved.