Mencari sponsor untuk sebuah event kadang bukan perkara yang mudah. Selain memerlukan perencanaan yang matang Anda juga memerlukan strategi yang jitu. Padahal, peran sponsor dalam sebuah event sangat dibutuhkan. Selain sebagai tambahan suntikan dana, tak jarang sponsor juga memberikan dukungan lebih seperti untuk sarana juga prasarana. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan sponsor yang bisa Anda coba:

 

1. Buat konsep event yang menarik

 

Konsep acara yang unik dan menarik tentu akan membuat banyak orang penasaran ya. Dengan konsep acara seperti ini, sedikit banyak akan mampu menarik sponsor untuk mau terlibat dalam mendukung event kita.

 

2. Buat daftar perusahaan atau sponsor potensial

 

Agar lebih efektif dalam mencari sponsor, coba buat daftar sponsor potensial beserta alamat kontaknya yang bisa dihubungi. Anda dapat memilih perusahan dengan kategori berikut:

 

·         Perusahan yang memiliki hubungan dengan teman event Anda

·         Perusahaan yang pernah mensponsori event serupa

·         Perusahaan yang sebelumnya pernah mensponsori event Anda

·         Perusahaan yang memiliki hubungan personal dengan Anda atau tim

 

Memilih perusahaan dengan kategori diatas, setidaknya akan membantu Anda dalam menentukan perushaan seperti apa yang mempunyai peluang lebih besar untuk bersponsor dengan event Anda.

 

3. Membuat proposal yang menarik

 

Proposal dapat menjadi salah satu “senjata” dalam mencari sponsor. Proposal event yang baik, biasanya disajikan dengan sederhana, menarik, singkat, padat, dan jelas. Jangan lupa untuk menjelaskan benefit yang akan diterima perushaan jika bersponsor dengan event Anda ya.

 

4. Follow Up!

 

Setelah menyebarkan proposal, jangan lupa untuk aktif melakukan follow up! Hindari bersifat pasif dan hanya menunggu untuk dihubungi terlebih dahulu oleh perusahaan.

 

5. Lakukan presentasi dengan percaya diri

 

Jika diminta untuk mempresentasikan event yang Anda miliki, usahakan Anda mempersiapkan bahan atau media presentasi dengan menarik. Tidak harus panjang lebar dan bertele-tele, fokus pada konsep acara dan benefit yang akan diterima perusahaan. Jangan lupa untuk melakukan presentasi dengan percaya diri.

 

6. Lakukan negosiasi & kontrak

 

Dalam proses mencari sponsor, sering kali proposal tidak sepenuhnya akan disetujui oleh perusahaan. Jika perusahaan melakukan penawaran, jangan lupa untuk melakukan negosiasi dengan baik sehingga bisa menguntungkan kedua belah pihak.

 

7. Tetap jaga komunikasi dengan sponsor.

 

Selesainya event bukan berarti hubunganmu dengan para sponsor juga selesai. Agar dapat menjalin kerjasama di kemudia hari, tetap jalin komunikasi dan silaturahmi dengan para sponsor ya. Hal ini akan memudahkanmu jika akan bekerja sama dengan perusahaan yang sama di kemudian hari.