Pentingnya Menerapkan Service Excellence dalam
Perusahaan
Definisi
Service Excellence
Secara
harfiah, Service Excellence berasal dari bahasa Inggris. Terdiri dari
dua kata, yaitu service dan excellent. Service berarti pelayanan,
jasa, atau tugas. Excellent berarti unggul, ulung, atau sangat baik.
Jadi, secara sederhana Service Excellence berarti layanan yang
sangat baik, atau pelayanan prima.
Service Excellence atau seni
menciptakan nilai bagi orang lain juga dapat didefinisikan sebagai suatu upaya
pelayanan terbaik bagi orang-orang atau pihak yang mendukung manfaat pelanggan,
yang memungkinkan kepuasan yang lebih optimal, sehingga dapat menciptakan kesan
yang baik dan selalu diingat secara positif.
Kenapa
Harus Menerapkan Service Excellence?
Dalam dunia
bisnis, klien atau konsumen bisa datang dan pergi. Setelah berhasil mendapatkan
klien atau pelanggan tersebut, perusahaan sebaiknya mampu mempertahankannya
sehingga menjadi pelanggan tetap atau pelanggan setia. Namun, menurut sebuah
survei, beberpa hal yang menyebabkan hilangnya pelanggan, di antaranya sebagai
berikut:
1%
meninggal dunia
3% pindah
alamat
5% mencoba
alternatif lain
9% pindah
kompetitor
14% tidak
puas dengan produk atau jasa
68% kurang
diperhatikan
Untuk menghindari
risiko kehilangan pelanggan, diperlukan upaya untuk mempertahankan mereka.
Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan Service Excellence.
3 Pilar
Service Excellence
1. Product
Produk dan pelayanan yang berkualitas tinggi (excellent)
2. Process
Sistem pelayanan yang efisien dan prosedural yang berorientasi pada
pelanggan
3. People
SDM yang kompeten dan terlatih
Dimensi
dalam Pelayanan
1. Prosedural
Berisi sistem dan prosedur yang ditetapkan perusahaan untuk memberikan pelayanan
produk atau jasa, termasuk juga product knowledge
2. Personal
Sebuah pelayanan yang menggunakan pendekatan sikap yang positif dan
kemampuan komunikasi untuk membangun hubungan baik dengan konsumen
6 Elemen
Kunci Sukses Service Excellence
Ada 6 elemen
kunci Service Excellence, di antaranya:
1. Attitude
Bentuk sikap ketika menghadapi dan melayani pelanggan
2. Ability
Kemampuan kerja yang sangat baik dalam menghadapi konsumen dengan
komunikasi yang efektif
3. Attention
Bentuk kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan, dan keluhan pelanggan
4. Appearance
Penampilan yang mencerminkan kualitas dan keandalan pelayanan kepada
konsumen
5. Accountability
Bentuk pertanggungjawaban yang diberikan kepada konsumen untuk
menyelesaikan setiap kelihan atau masalah lain yang timbul
6. Action
Tindakan nyata dalam melayani konsumen secara langsung
10
Perilaku Service Excellence
1. Senyum tulus
2. Pelanggan adalah orang yang penting
3. Dengarkan kebutuhannya
4. Menyebut namanya
5. Bahasa tubuh positif
6. Bicarakan yang diminati pelanggan
7. Gunakan bahasa yang halus
8. Beritahukan setiap proses
9. Product knowledge
10. Tampil dengan rapi
Bagaimana
Service Quality Perusahaan Anda?
1. Bad
Kualitas pelayanan yang asal jadi, membuat perusahaan Anda tidak lebih
baik daripada kompetitor.
2. Moderat
Kualitas pelayanan yang rata-rata, sama dengan pelayanan yang dilakukan
kompetitor.
3. Good
Kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen.
4. Excellent
Kualitas pelayanan yang melebihi harapan dan kebutuhan konsumen.
Peran
Service Excellence dalam Perusahaan
1. Membangun reputasi bisnis
2. Dapat meningkatkan persaingan
3. Menghemat biaya promosi
4. Menghindari keluhan di masa depan
5. Mendorong konsumen membeli produk
atau jasa
Tujuan
Spesifik Service Excellence Bagi Perusahaan
Dalam
praktiknya, penerapan pelayanan yang unggul ini memiliki tujuan yang spesifik
bagi perusahaan, di antaranya:
1. Menawarkan layanan berkualitas untuk
pelanggan dan para klien dengan baik
2. Menawarkan informasi sebanyak
mungkin, sehingga pelanggan membeli barang atau jasa
3. Menciptakan kepercayaan pelanggan
untuk layanan yang disediakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
4. Untuk menghindari berbagai keluhan,
persyaratan, atau kendala dari pelanggan
5. Pelanggan dievaluasi dan
diperlakukan dengan baik untuk diperhatikan kebutuhan dan keinginannya
6. Untuk menumbuhkan dan mempertahankan
kepercayaan diri dan kesetiaan pelanggan tentang barang dan jasa yang
disediakan perusahaan
Manfaat
Service Excellence:
1. Customer puas
2. Manajemen puas
3. Karier maju
4. Peningkatan kesejahteraan
5. Anda dan keluarga puas
Cara
menciptakan Service Excellence Agar Sukses
1. Kenali jenis dan kebutuhan konsumen
2. Ramah dan gesit
3. Mendengarkan dan menerima keluhan
4. Fokus pada layanan
5. Hormati keputusan pelanggan
Service
Excellence di Troole
Sebagai
perusahaan penyedia layanan pembuatan merchandise dan souvenir custom
perusahaan, Troole sangat memperhatikan kepuasan pelanggan, bahkan juga
karyawan. Semua pihak yang terlibat dalam proses pengerjaan suatu proyek, mulai
dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi; seperti tim marketing, CS,
tim pendukung, tim produksi, hingga tim pengemasan dan pengantaran barang,
sentantiasa memberikan pelayanan terbaik.
Troole
sendiri memiliki belief system yang melahirkan corporate culture, yakni
“Ahsanu’amala”, sebuah keyakinan untuk selalu menjadi manusia dengan amalan
terbaik (best performance). Karena kami meyakini bahwa dengan amalan
terbaik, bekerja atau ibadah terbaik, akan mengantarkan kami pada takdir
terbaik.
Jika anda
memerlukan jasa pembuatan merchandise dan souvenir custom perusahaan, Troole
adalah tempat yang tepat. Kami memberikan apa pun yang Anda butuhkan. Silakan
konsultasikan kebutuhan merchandise dan souvenir custom perusahaan Anda dengan
customer service kami.