Ada salah satu hadis Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi
Wasallam yang menyatakan bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan
di bawah, yang berarti bahwa orang yang memberi lebih baik daripada orang yang
menerima. Frasa “lebih baik” di sini bukan bermaksud merendahkan pihak yang
menerima pemberian, tetapi merujuk pada pemahaman bahwa memberikan sesuatu
kepada orang lain akan berdampak baik untuk si penerima dan si pemberinya
sendiri.
Tradisi Berbagi dan Memberi di Indonesia
Indonesia kembali menduduki peringkat pertama negara paling
dermawan di dunia berdasarkan World Giving Index (WGI) 2022 dengan jumlah
presentase 68%. Dengan ini, berarti Indonesia sudah lima tahun berturut-turut
menempati posisi puncak dalam ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh
Charities Aid Foundation (CAF) sejak 2018 lalu.
Menurut Direktur Filantropi Indonesia, Hamid Abidin, salah
satu faktor utama kedermawanan orang Indonesia berhubungan erat dengan pengaruh
ajaran agama dan tradisi lokal terkait kegiatan memberi dan membantu sesama.
Bahkan, CAF turut menuliskan bahwa sumbangan berbasis agama, seperti zakat,
infak, dan sedekah menjadi pendorong utama kegiatan kedermawanan di Indonesia.
Tradisi berbagi dan memberi memang sudah melekat dengan
kehidupan orang Indonesia. Tidak hanya pada hari-hari besar atau perayaan
tertentu saja, melainkan juga pada hari-hari biasa. Kegiatan berbagi dengan
tetangga, kerabat, sahabat, kolega, hingga klien dan konsumen, merupakan
sesuatu yang lazim dan dilakukan secara terus-menerus. Bahkan, saat bepergian
ke luar kota atau luar negeri, seseorang akan menyempatkan diri membeli
oleh-oleh untuk diberikan kepada orang lain sekembalinya mereka ke tempat asal.
Nilai Manfaat dan Kesan dalam Memberikan Barang
Dalam aktivitas memberikan barang kepada orang lain, sebenarnya
tidak ada aturan baku mengenai spesifikasi barang seperti apa yang boleh dan
tidak boleh diberikan. Namun, akan lebih baik jika barang yang diberikan
memiliki nilai manfaat bagi si penerimanya. Nilai manfaat ini erat kaitannya
dengan kebutuhan si penerimanya itu sendiri.
Memberikan cangkir kepada seseorang yang suka minum teh atau
kopi bisa jadi lebih bermanfaat daripada memberikan mangkuk. Namun, kedua
barang tersebut mungkin saja memiliki nilai manfaat yang sama jika ternyata si
penerima sudah memiliki banyak cangkir, dan sedang membutuhkan mangkuk untuk
menyantap makanan berkuah.
Di level ini, berarti bukan hanya nilai manfaat yang perlu
diperhatikan si pemberi barang, tetapi juga nilai kesan. Cangkir yang diberikan
kepada seseorang yang suka minum teh atau kopi tidak hanya bermanfaat tetapi
juga berkesan. Si penerima akan menganggap si pemberi sebagai orang yang benar-benar
perhatian, karena mengetahui apa yang disukainya.
Begitu pun dalam aktivitas berbisnis. Memberikan souvenir kepada
klien merupakan bentuk perbuatan yang baik untuk klien sekaligus untuk
perusahaan itu sendiri. Bentuk dari souvenir atau merchandise perusahaan bisa
bermacam-macam, seperti cangkir, mug, tumbler, tote bag, back pack, pouch, notes,
pulpen, jam dinding, payung, topi, lanyard, card holder, e-money, power bank,
hingga travel adaptor.
Manfaat Memberikan Souvenir kepada Calon Konsumen dan
Klien
Pembuatan souvenir dan merchandise perusahaan merupakan
kebutuhan bisnis yang penting. Dengan memberikan souvenir saat acara gathering
perusahaan atau acara resmi lainnya, akan membuat hubungan kerja semakin intens
dan harmonis. Selain itu perusahaan juga akan terlihat semakin profesional.
Selain kedua hal tersebut, secara umum, manfaat dari memberikan souvenir
perusahaan adalah sebagai berikut:
1.
Sarana untuk mengenalkan produk perusahaan
2.
Memikat hati calon pembeli
3.
Meningkatkan omset penjualan
4.
Membangun citra positif perusahaan
Sedangkan, memberikan souvenir untuk klien yang sedang atau
sudah pernah bermitra, manfaatnya adalah untuk meninggalkan kesan yang baik di
hati klien, dan tetap membangun hubungan baik agar terjalin kerja sama yang
berkelanjutan.
Memberikan Souvenir dan Merchandise Perusahaan yang Memorable
and Useful
Pemberian souvenir dan merchandise perusahaan merupakan
salah satu tanda bahwa perusahaan telah berkembang. Membuat perusahaan menjadi
berkembang, sukses, dan mempunyai omset yang banyak, pasti menjadi tujuan semua
pihak didalamnya.
Sekadar memberikan souvenir dan merchandise kepada klien
atau konsumen tanpa memperhatikan nilai kesan dan manfaat memang bukan sesuatu
yang salah. Namun, akan jauh lebih baik lagi jika souvenir dan merchandise
tersebut bisa meninggalkan kesan yang baik dan bermanfaat bagi penggunanya.
Dengan demikian, klien atau konsumen yang menerima souvenir dan merchandise
perusahaan, bisa menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, dan akan senantiasa
mengingat perusahaan dalam kenangan dan kesan positif.
Seperti kata pepatah, “Harimau mati meninggalkan belang,
gajah mati meninggalkan daging.” Manusia mati meninggalkan nama. Maka,
perusahaan selama masih berdiri hendaknya bisa meninggalkan jejak dan kesan
terbaik untuk klien dan konsumen.
Kriteria Souvenir dan Merchandise yang Memorable and
Useful
1.
Bahan souvenir dan merchandise dengan kualitas terbaik
Kualitas souvenir dan merchandise
perusahaan ditentukan oleh bahan dasar pembuatannya. Pilihlah vendor yang tepat
dan terpercaya seperti Troole Merchandise Project. Material yang Troole
gunakan adalah bahan dengan kualitas terbaik dan premium. Dengan bahan yang
berkualitas, souvenir dan merchandise bisa digunakan dalam waktu yang lama.
2.
Penempatan logo
Logo harus terletak pada posisi yang jelas
terlihat, dan juga mempunyai ukuran yang presisi, sehingga memberikan efek
visual yang powerful sebagai brand awareness.
3.
Desain menarik
Souvenir dan merchandise perusahaan harus
mempunyai desain yang menarik dan atraktif. Hal ini membuat souvenir menjadi
media promosi alternatif bagi perusahaan. Di Troole Merchandise Project,
ada layanan desain yang bisa dimanfaatkan oleh klien, sehingga klien yang
datang tanpa membawa sampel desain dapat langsung berkonsultasi dengan CS dan
desainer grafis Troole untuk pembuatan desain souvenir dan merchandise yang
diinginkan.
4.
Pemilihan item souvenir dan merchandise
Selain harus mencerminkan indentitas dan
nilai dari brand atau perusahaan, pemilihan item untuk souvenir dan merchandise
perusahaan pun harus memperhatikan nilai kesan dan manfaat bagi si penerima
atau penggunanya. Mempertimbangkan barang-barang umum yang bermanfaat dan dapat
digunakan sehari-hari, seperti tumbler custom, pulpen custom, notes custom, dan
tote bag custom daripada topi, karena tidak semua orang suka memakai topi.
Atau, memilih benda yang unik dan bermanfaat, seperti power bank custom, speaker
bluetooth custom, travel adaptor custom, USB flashdisk custom, dan pulpen USB
custom.
Setelah menyimak beberapa kriteria souvenir dan merchandise
yang berkesan dan bermanfaat, sekarang saatnya perusahaan Teman Troole
mengaplikasikannya. Troole Merchandise Project telah memproduksi berbagai
souvenir dan merchandise perusahaan swasta dan pemerintah, siap mewujudkan
kebutuhan souvenir dan merchandise prusahaan Teman Troole di seluruh Indonesia.
Troole Merchandise Project berkomitmen membuat souvenir dan merchandise custom
perusahaan yang berkesan dan bermanfaat.
Apakah souvenir dan merchandise perusahaan Teman Troole
sudah memenuhi kriteria tersebut? Jika belum, langsung hubungi customer service
Troole untuk berkonsultasi soal pembuatan souvenir dan merchandise yang
berkesan dan bermanfaat. Hubungi kami segera, dan dapatkan penawaran harga yang
menarik.