Sejak merebaknya wabah virus Covid-19, Presiden Joko
Widodo menginstruksikan masyarakat untuk megurangi aktivitas di luar rumah.
Masyarakat dihimbau untuk melakukan Self quarantine, salah satunya dengan
bekerja dari rumah atau Work From Home. Mungkin sebagian dari Anda sudah
melakukan hal ini.
Mungkin banyak diantara kita yang belum terlalu familiar
dengan konsep Work From Home, padahal Work From Home pernah menjadi “cita-cita”
banyak perusahaan teknologi di era 2000-an yang dikenal dengan istilan BYOD
atau Bring Your Own Device. Perusahaan teknologi ini mengembangkan perangkat
dan system yang mempermudah karyawan untuk bekerja dimanapun mereka berada.
Namun, konsep tersebut ternyata tidak bisa diterapkan secara massif sampai saat
ini.
Work From Home merupakan sebuah konsep dimana karyawan
dapat melakukan pekerjaanya dari rumah. Mempunyai jam kerja yang fleksibel bagi
karyawan, dipercaya dapat membuat pekerjaan selesai lebih cepat, efektif dan
juga efisien.
Berikut beberapa keuntungan dari Work From Home bagi
karyawan:
1. Lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan
Jika ketika di kantor Anda akan bekerja di ruangan, work
from home membuat Anda bisa memilih akan bekerja di ruangan mana sesuai dengan
kebutuhan dan kenyamanan Anda. Selain fleksibel tempat bekerja, waktu untuk
bekerja pun lebih fleksibel dan bisa disesuaikan. Yang terpenting saat bekerja
dari rumah karyawan tetap bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya.
2. Mengurangi biaya transportasi
Salah satu keuntungan work from home adalah tidak perlu
mengeluarkan biaya unyuk ongkos transportasi maupum biaya bensin. Anda pun bisa
menghemat waktu di perjalanan. Bagi Anda yang sering terjebak kemacetan ketika
berangkat ke kantor, ini saatnya untuk memanfaatkan keuntungan work from home
sebaik mungkin. Anda pun bisa meminimalisir tingkat stress akibat kemacetan.
3. Produktivitas meningkat
Statistik dari website emailanalytics.com menjelaskan
bahwa 77% pekerja yang melakukan work from home mengalami peningkatan
produktifitas kerja. Hal ini terjadi karena tingkat stress ketika bekerja
berkurang sehingga produktifitas kerja bertambah. Beberapa hal yang bisa
membuat Anda stress seperti macet dan distraksi dari rekan kerja yang sering
Anda temui di kantor menyebabkan semangat kerja berkurang.
Yang terpenting, jangan menjadikan pekerjaan sebagai beban
dan akhirnya menjadi stress. Jika Anda bekerja tanpa beban dan tanpa stress
tentu produktivitas pun akan meningkat. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan
pekerjaan dengan cepat.
Sedikit tips yang bisa dilakukan, hindari bekerja di ruang
tidur guna menghindari rasa malas. Jangan lupa untuk tetap mandi pagi dan
berpakain rapi. Dengarkan musik favorit untuk membangkitkan suasana hati Anda.
4. Memperoleh kepuasan kerja
Saat tingkat stress Anda menurun, Anda bisa menyelesaikan
pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif. Kepuasan kerja pun menjadi meningkat.
Ketika mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tentu akan membuat Anda
merasa lebih bersemangat juga menjadi lebih loyal terhadapat perusahaan.
5. Terhindar dari distraksi di tempat kerja
Tidak bisa dipungkiri saat bekerja di kantor, ada banyak
distraksi atau gangguan yang Anda terima. Misal, suara gaduh teman kantor Anda
yang sedang mengobrol, meeting sana-sini, atau teman kerja yang toxic dan
sering menggangu. Hal tersebut tentu memperngaruhi dalam mood bekerja dan
produktifitas.
Berbeda saat Anda bekerja di rumah. Anda akan merasakan
suasana yang lebih nyaman, tenang juga kondusif sehingga bisa lebih fokus dalam
bekerja.
6. Worklife Balance
Work life balance merupakan keseimbangan antara pekerjaan
dengan kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja dari rumah, memungkinkan Anda
untuk bisa lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan sekitar sehingga life
balance pun terpenuhi. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan bisa
tercapai saat Anda memiliki produktifitas kerja yang baik sehingga dapat
mengatur waktu sesuai dengan porsinya.