Sudah menjadi rahasia umum, jika di dunia bisnis kepercayaan menjadi syarat mutlak untuk terjadinya sebuah kerjasama. Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan kepercayaan klien. Tidak memelulu dengan memenuhi kebutuhan klien, Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan klien, bertanggung jawab juga memelihara hubungan baik menjadi kuncinya. Berikut beberapa trik yang bisa Anda coba untuk membangun kepercayaan klien versi tim @seminarkitbdg:

 

1. Mendengarkan keluhan klien

 

Ketika mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan klien, pastikan Anda memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengarkan dengan jelas apa kebutuhan klien dan bertanya jika ada sesuatu yang tidak Anda mengerti.

 

Coba untuk mendegarkan dan mengerti apa yang kerap dicemaskan dan diinginkan oleh klien. Coba untuk mendapatkkan sebanyak mungkin informasi dari klien. Menghabisakan waktu dengan klien merupakan investasi penting untuk bisa lebih mengerti keinginan dan kepercayaam klien.

 

2. Bersikap jujur

 

Kepercayaan bisa dibangun dengan mengedepankan kejujuran. Seperti yang sudah diketahui, tidak ada orang yang senang dibohongi. Maka, berusahalah untuk selalu memberikan informasi yang akurat dan tidak mengecewakan klien.

 

Jika Anda mendapati sebuah informasi yang kurang baik, Anda berkewajiban untuk tetap menceritakan informasi tersebut. Jangan sampai Anda hanya menceritakan cerita positifnya saja.

 

3. Penuhi Janji

 

Pastikan untuk selalu melaksanakan apa yang telah Anda janjikan dan sepakati. Sepertihalnya kejujuran, memenuhi janji bisa menjadi salah satu bentuk komitmen Anda dengan klien. Salah satu rusaknya kepercayaan klien bisa hadir karena Anda tidak cukup mumpuni untuk menjadi partner mereka dengan mengingkari perjanjian yang telah Anda sepakati sendiri.

 

4. Minta feedback

 

Coba untuk meminta feedback kepada klien, baik feedback positif maupun negative. Feedback positif akan membawa Anda lebih disukai dan dipercaya oleh klien, sedangkan feedback negative membuat Anda tahu sisi mana saja yang harus diperbaiki.

 

Tidak hanya medapatkan masukan serta kritik, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih positif dengan klien.

 

5. Bertanggung jawab

 

Agar kepercayaan klien bisa bertahan lama, hal utama yang Anda perlu garis bawahi adalah rasa tanggung jawab. Coba untuk bertanggung jawab dengan cara memberikan solusi serta produk-produk terbaik untuk klien. Tanggung jawab serta totalitas akan membuat klien merasa menjadi prioritas, lantas memberikan kepercayaan sepenuhnya pada Anda.

 

6. Beri kesan positif

 

Banyak sekali yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesan positif. Tentu yang pertama adalah attitude dan service kita terhadap klien. Hal-hal lain seperti yang telah dijelaskan diatas juga tidak boleh diabaikan. Namun, ada hal lain yang bisa Anda lakukan guna memberikan kesan positif untuk klien yaitu dengan memberikan klien souvenir atau kenang-kenangan.

 

Souvenir bisa diberikan sebagai tanda bahwa Anda ingin mempunyai hubungan yang lama dengan klien. Souvenir yang berkesan dan bermanfaat tentu akan membuat Anda mendapatkan kesan yang lebih baik lagi dari klien.

 

Jika Anda tertarik untuk melakukan cara ini, Anda bisa memberikan souvenir untuk klien dari @troole.id. Berbagai portofolio produk bisa Anda temui di website troole.id atau Instagram @troole.id. Informasi lebih lengkap bisa langsung menghubungi WhatsApp di +62 851-0075-7560 dan +62 878-2575-9757 atau kungjungi langsung kantor Troole di Jln. Sritunggal No. 4 Bandung. (ys)